Selain Menghasilkan Minyak, Ternyata Limbah Sawit Juga Bermanfaat Loh!

Limbah Sawit

Pemanfaatan limbah sawit sebagai pakan ternak belum banyak dilaksanakan. Padahal, sawit merupakan tanaman industri dengan limbah yang cukup banyak. Penambahan perkebunan sawit juga terus terjadi sepanjang tahun membuat bahan baku limbah sawit tersedia dengan sangat banyak.

Hasil samping pengolahan perkebunan sawit sangatlah beragam. Umumnya, limbah sawit yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan pakan merupakan pelepah sawit, lumpur sawit atau dikud decanter, bungkil inti sawit atau palm kernel cake, dan rumput liar yang tumbuh di sekitaran lahan sawit.

Sebagai perbandingan, pelepah sawit mengandung serat kasar sebanyak 50,94%, protein sebanyak 5,1%, dan lemak sebanyak 1%. Satu pelepah sawit berbobot rata-rata 5 kg. Dalam satu hektare lahan, Anda bisa memanen sampai 9 ton pelepah segar.

Pakan Ternak dari Limbah Sawit

Sebagai gambaran, sapi bali dewasa dengan berat 250 kg memerlukan pakan bahan kering sebanyak 8,75 kg per hari. Pelepah yang diperoleh dari satu hektare lahan sawit tersebut mampu menghasilkan setara 0,66 ton bahan kering.

Baca Juga:
Pahami Faktor Penting Ini Sebelum Melakukan Budidaya Gurami
Ingin Buat Aquascape, Ini 4 Jenis Tanaman yang Cocok!
Mengulik 5 Jenis Teh Termahal di Dunia, Mau Tau?

Sementara itu, lumpur sawit mengandung serat kasar yang lebih rendah yakni hanya 35,88%. Akan tetapi, lumpur sawit mengandung protein yang lebih tinggi, yaitu 14,4% dan lemak sebanyak 14,78%.

Lumpur sawit merupakan limbah yang paling disukai oleh ternak. Anda bisa memfermentasi lumpur ini terlebih dulu sebelum diberikan kepada ternak ataupun memberikannya dalam keadaan segar.

Bukan hanya pelepah dan lumpur sawit, bungkil inti sawit juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak berkualitas. Bungkil sawit mengandung serat kasar sebanyak 36,68% dengan kadar protein tertinggi di antara limbah yang lain yakni 18,15%. Bungkil inti sawit juga mengandung lemak sebanyak 6,49%.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

Kandungan protein yang tinggi pada bungkil inti sawit ini membuatnya banyak diincar sebagai bahan baku pakan ternak. Hanya saja, nilai palatabilitas dari bungkil inti sawit juga rendah akibat kandungan seratnya lebih tinggi ketimbang jenis limbah sawit yang lainnya.

Anda bisa memberikan bungkil inti sawit kepada ternak milik Anda. Tetapi, sebaiknya pakan ini tidak diberikan secara tunggal. Akibat yang ditimbulkan apabila Anda mengerjakan hal tersebut bisa fatal, organ pencernaan sapi bisa terganggu. Campurlah bungkil inti sawit dengan jenis pakan lain supaya tetap bisa dicerna sapi dengan baik.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Selain Menghasilkan Minyak, Ternyata Limbah Sawit Juga Bermanfaat Loh!” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Waring Sayur untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s