Intip Kelebihan & Kelemahan Antara Kolam Beton Dengan Kolam Tanah

Perbedaan Kolam Budidaya
Perbedaan Antara Kolam Beton dan Tanah

Jual Waring Ikan/Jaring Keramba Murah – Lim Corporation

Berbudidaya ikan konsumsi bisa dilaksanakan di berbagai jenis kolam. Mulai dari kolam terpal, kolam tanah, dan kolam beton. Ketiganya mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Kolam tanah mempunyai beberapa keunggulan. Biaya pembuatan kolam tanah relatif lebih murah. Proses pembuatannnya juga sangat sederhana, yaitu dengan membuat cekungan pada tanah kemudian meratakan bagian dasar dan dindingnya.

Kadar pH pada kolam tanah dan juga suhu akan diatur oleh alam jadi hampir tak dibutuhkan kontrol khusus. Pengontrolan atau pengecekan hanya dilaksanakan dalam kondisi tertentu. Kondisi kolam yang alami juga membuat pengayaan pakan berupa plankton dan hewan renik jadi lebih optimal. Akibatnya, daya hidup ikan juga jadi lebih tinggi.

Kelemahan kolam tanah diantaranya yit apabila tanah tersebut tak sehat atau mengandung bahan berbahaya, ekosistem kolam akan terganggu. Dinding dan dasar kolam juga rawan longsor dan terkikis air. Cuaca ekstrem seperti hujan yang berkelanjutan akan membuat kontrol kolam dan air akan lebih sulit. Kolam tanah juga memerlukan waktu yang lama untuk pengeringan, yaitu sekitar 3—7 hari. Karena kolam ini mempunyai ekosistem alami, keberadaan predator alami juga lebih banyak. Umumnya predator yang ada antara lain yaitu katak, ular, linsang, dan burung.

Baca Juga: Yuk Gemar Makan Ikan, Dan Rasakan Manfaatnya Untuk Tubuh

Kondisi kolam yang lebih rendah dari ketinggian air kadang mempersulit sirkulasi air dan pengeringan kolam. Bukan hanya itu, perawatan kolam juga ekstra untuk mengatasi dinding terkikis, penambalan lubang, dan pengangkatan endapan tanah. Berbeda dengan kolam tanah, kolam beton mempunyai perawatan yang lebih gampang dan murah. Tak hanya itu, keunggulan kolam beton yaitu tak gampang rusak, terkikis, ataupun berlubang karena adanya hewan yang bersarang di dinding atau dasar kolam.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik URL berikut DISINI

Untuk sistem pengairan bisa dibuat dengan baik untuk memaksimalkan sirkulasi air, pengeringan kolam, dan juga perawatan. Efisiensi tempat juga bisa dilaksanakan dengan pembuatan dinding antarkolam apabila Anda punya lebih dari 1 kolam. Batas ini akan lebih tipis, namun kuat menahan tekanan air. Ukuran kolam yang dibuat juga bisa lebih tepat, presisi, dan lebih fleksibel dalam bentuk. Bentuk ini bisa disesuaikan dengan keperluan. Tak hanya itu, ketinggian di atas rata-rata air dengan pengerjaan dinding ekstra.

Tak sama seperti kolam tanah yang lama ketika proses pengeringan, pengeringan pada kolam beton lebih cepat. Proses ini hanya memakan waktu sekitar 1-2 hari. Kolam beton pun mencegah predator dan kompetitor alami untuk bersarang di dalam kolam secara permanen. Akan tetapi kolam beton juga memiliki kelemahan. Kondisi tak alami ini membuat Anda harus rajin mengontrol pH dan suhu air dalam kolam. Walaupun dalam kasus tertentu, kolam beton sudah bisa mengatur sendiri pH dan suhunya secara alami.

Baca Juga: Iniloh! 2 Faktor Penting Yang Sangat Berpengaruh Pada Tumbuh Kembang Tanaman

Pertumbuhan plankton dan hewan renik dalam kolam tak bisa mencapai angka optimal. Hal tersebut karena media yang dipakai juga tak alami. Meskipun perawatannya murah, pembuatan kolam beton relatif lebih mahal. Tak hanya itu, ikan yang dibudidayakan dalam kolam beton relatif lebih lambat jika dibandingkan dengan kolam tanah. Tingkat stres pada ikan di kolam beton pun lebih tinggi.

* Info lebih lengkap mengenai harga Waring Ikan silakan klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargawaringikan

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Waring Ikan atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp : 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s