Inilah 7 Cara Merawat Pohon Alpukat Agar Berbuah Lebat

pears-1081695_960_720

Produsen Waring Sayur Murah – Lim Corporation

Tanaman alpukat merupakan tanaman penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari negara Meksiko dan Amerika Tengah dan kini sudah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah – daerah tropika lainnya yang ada di dunia. Pohon alpukat ini memiliki batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 sampai 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 sampai 10 milimeter.

Ukurannya bervariasi dari 7 sampai 20 sentimeter, dengan massa 100 sampai 1000 gram. Buahnya bertipe buni ini mempuyai kulit lembut tidak rata berwarna hijau tua sampai ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah alpukat ini berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur yang lembut. Bagi anda yang berkeinginan menikmati buah alpukat dari kebun sendiri, maka di sinilah tempat yang tepat untuk mengetahui rahasia bagaimana cara merawat pohon alpukat supaya cepat berbuah.

Baca Juga:

Cara merawat pohon alpukat :

Penyiraman
Penyiraman yang teratur bisa membantu pohon alpukat menyerap unsur hara yang terdapat di tanah untuk kebutuhan pertumbuhan pohon. Siramlah pohon Alpukat minimal 1 kali sehari pada saat pagi atau sore hari, intensitas penyiraman bisa dilakukan bila terjadi musim kemarau berkepanjangan dan sebaliknya bila musim penghujan telah tiba maka anda tidak perlu untuk melakukan penyiraman.

Penyiangan
Gulma atau tanaman pengganggu yang hidup di sekitaran pohon alpukat bisa membawa bibit penyakit serta merebut unsur hara dan nutrisi dari tanah yang seharusnya diserap sepenuhnya oleh pohon alpukat. Sebab itulah, Anda perlu melakukan proses penyiangan atau pembersihan lahan dari tanaman gulma dengan teratur.

Pemupukan
Pada saat tahap persiapan awal penanaman pohon alpukat sebaiknya mencampur media tanam dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Kemudian diamkan media tanam yang telah dicampur tersebut selama kurang lebih 1 minggu supaya unsur hara dan nutrisi dalam pupuk bisa terserap rata oleh tanah. Setelah pohon alpukat tumbuh, kemudian berikanlah pupuk lanjutan berupa pupuk N, K, dan KCL demi merangsang pertumbuhan buah pada pohon alpukat.

Pemangkasan
Proses pemangkasan ujung pohon atau ranting pohon yang tidak berguna sebaiknya anda lakukan supaya konsentrasi makanan tidak tersebar untuk pertumbuhan daun atau tunas baru melainkan untuk pembentukan buah. Setelah proses pemangkasan, jangan lupa untuk memberi ter atau fungisida pada ujung – ujung batang yang dipangkas supaya jamur tidak masuk dan tidak mengundang bibit – bibit penyakit.

994956_8f9af9ff-ef53-4990-bd96-c248747e68e8_439_348

Pemberian hormon
Pemberian hormon juga perlu diberikan selain pemupukan. Hal ini memiliki tujuan untuk merangsang munculnya bunga yang akan menghasilkan buah pada pohon alpukat. Berbeda dengan proses pemberian pupuk yang disebar atau dicampur di media tanam, pemberian hormone cukup dikerjakan dengan menyemprot bagian pohon mulai dari daun, batang, sampai akar pohon alpukat.

Penggemburan tanah
Tanah yang kerap disiraman secara langsung dari air hujan, atau pun rutin dari manusia bisa menjadi padat dan keras, hal ini akan bisa mengakibatkan udara sulit menembus Padahal udara merupakan salah satu unsur penting pertumbuhan makhluk hidup. Hati – hati ketika Anda melakukan penggemburan tanah supaya tidak melukai akar dan menjadi jalan masuknya bibit – bibit penyakit.

Pemusnahan hama penyakit
Hama penyakit akan membuat pohon alpukat mengalami kegagalan pertumbuhan dan mengakibatkan pohon tidak bisa menghasilkan buah. Segera anda lakukan tindakan pemusnahan hama penyakit dengan menyemprotkan pestisida bila anda menemukan tanda – tanda pohon alpukat anda mulai terserang penyakit.

Iklan FP (2)

Hama – hama yang kerap menyerang pohon alpukat :
1. Ulat kupu – kupu gajah
2. Ulat kipat
3. Penyakit antraknosa
4. Penyakit bercak daun

Pemanenan buah alpukat
Bila pohon alpukat ditanam dengan cara generative atau melalui biji maka pohon tersebut akan berbuah pada usia 10 sampai 15 tahun. Bila pohon alpukat ditanam dengan cara vegetative atau teknik cangkok, maka pohon tersebut akan berbuah pada usia 5 sampai 8 tahun. Proses pemanenan akan dilakukan selang 6 sampai 7 bulan setelah pohon tersebut berbunga. Cara memanennya di petik kemudian diletakkan di tempat yang sejuk. Setelah itu dipanen, kemudian alpukat di pack ke dalam waring sayur. Sebab waring sayur ini mempunyai kerapatan ronga jaring – jaring yang baik sehingga alpukat bisa berinteraksi dengan udara dan akan tetap segar sampai di tempat pemasaran.

Manfaat buah alpukat
1. Buah alpukat ini sangat baik untuk ibu hamil, sebab kandungan folatnya yang tinggi sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin.
2. Sumber vitamin E nya sangat baik untuk kesehatan jantung, mencegah stoke, mencegah kanker, bahkan sebagai terapi pada penderita mata katarak.
3. Makanan untuk otak dengan kandungan omega 3 nya yang memiliki fungsi untuk menghambat penyakit alzheimer dan memulihkan penderitanya.
4. Mencegah stoke telah terbukti bahwa orang yang mengkonsumsi sumber makanan dengan kandungan folat yang tinggi seperti buah alpukat cenderung terhindar dari penyakit stroke dibanding yang tidak mengkonsumsi.
5. Bisa menurunkan kolesterol, hasil penelitian menyebutkan bahwa orang yang secara rutin mengkonsumsi buah alpukat selama 1 minggu penuh maka bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhnya.

Produsen-Distributor-Waring-Karung-Jaring-Untuk-Sayuran-Harga-Murah

Info selengkapnya mengenai harga Waring Sayur silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring Sayur untuk pengemasan produk pertanian anda dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service :
Telp : 031 – 8830487 
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( non PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s