Tahapan Membudidayakan Mentimun Organik | Waring Sayur

benih_mentimun_timun_ketimun___isi_10_biji

Jual Waring Sayur Murah – Lim Corporation

Mentimun atau ketimun adalah tumbuhan yang menghasilkan buah yang bisa dimakan. Buahnya umumnya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung dengan jenisnya. Mentimun bisa ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan mempunyai kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga memiliki fungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga bisa digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Habitat dari mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman yang semusim, setelah berbunga dan berbuah tanaman kemudian akan mati.

Baca Juga:

Perbungaannya berumah satu dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit. Bunga pertama yang dihasilkan mentimun, umumnya pada usia 4 – 5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga – bunga selanjutnya yaitu bunga hermafrodit bila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan bisa menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya umumnya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik. Telah banyak permintaan pasar yang membutuhkan mentimun, oleh sebab itu banyak para petani membudidayakan tanaman mentimun ini. Bila anda ingin membudidayakan tanaman ini anda bisa membaca ulasan dibawah ini mengenai cara membudidayakan tanaman mentimun.

Tahapan membudidayakan buah mentimun :

Penyiapan benih mentimun
Budidaya mentimun umumnya memperbanyak tanaman melalui biji. Cara mendapatkan yaitu dengan cara benih menyeleksi mentimun yang pangkalnya kecil namun buahnya panjang dan besar. Biarkan dulu buah mentimun tersebut masak dipohon. Setelah terlihat akan membusuk kemudian petik buah tersebut dan diamkan selama satu malam. Keesokan harinnya buah dibelah dan dikerok bijinya. kemudian masukkan kedalam wadah yang bersih dan biarkan kembali selama satu malam. Setelah itu jemur biji mentimun selama 2 hari.

994956_8f9af9ff-ef53-4990-bd96-c248747e68e8_439_348

Setelah biji mentimun dijemur sebaiknya biji dikemas dalam botol kaca yang bersih. lalu simpan biji tersebut selama 1 sampai 2 bulan sebelum dipakai untuk menghilangkan masa dormannya. Benih yang telah disimpan dengan baik dapat bertahan sampai satu tahun. Sehari sebelum membudidayakan mentimun, siapkan dulu benih dengan cara direndam dalam air hangat selama 3 sampai 5 jam kemudian letakkan di kain basah dan lembab. Setelah 15 sampai 24 jam tunas akan tumbuh dari biji – biji tersebut, dan benih mentimun sudah siap untuk ditanam.

Pengolahan lahan secara organik
Langka pertama bajak atau balik tanah sedalam 20 sampai 30 cm. Pada kondisi tanah dengan pH yang kurang dari 6 berikan kapur dolomit sebanyak 1 sampai 2 ton per hektar, tergantung keasaman tanah. Kemudian campurkan dengan tanah dan diamkan selama 1 sampai 2 minggu. Jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang, lebih baik campuran antara kotoran ayam dengan kotoran kambing atau sapi dengan perbandingan 1 : 1. Cara pemberian pupuk dapat ditebar dalam bedengan lalu diaduk dengan tanah, atau diletakan pada lubang – lubang tanam. Setelah itu letakan pupuk sebanyak 0,5 sampai 1 kg pada setiap lubang tanam. Total kebutuhan pupuk untuk satu hektarnya 20 sampai 30 ton. Setelah diberi pupuk kemudian biarkan lahan selama 1 sampai 2 minggu.

Iklan FP (2)

Penanaman benih mentimun
Langka selanjutnya tanamlah biji yang telah bertunas, yang telah anda siapkan dengan cara yang sudah diuraikan di atas. Lalu masukkan kedalam masing -masing satu biji kedalam lubang tanam kemudian tutup dengan tanah. Jangan lupa untuk menyiram setiap pagi dan sore hari.

Perawatan mentimun
Saat umur 3 sampai 4 hari setelah tanam lakukan pengontrolan tanaman, lalu segera sulam apabila ada tanaman yang mati atau gagal tumbuh dengan benih baru. Kemudian bersihkan gulma di sekitar are atanam. Pada umur 2 minggu setelah tanam, umumnya daun sudah mulai muncul. Lalu berikan pupuk tambahan berupa pupuk cair pada tanaman mentimun.

Pengendalian hama dan penyakit
Penyakit yang sering menyerang budidaya mentimun adalah busuk daun, tepung putih, antraknosa, bercak daun, dan busuk buah. Penyakit ini dapat dikendalikan secara kultur teknis dengan cara rotasi tanaman dan pembuangan bagian tanaman yang telah terkena penyakit.

Pemanenan dan pengemasan mentimun
Buah mentimun mulai berbunga pada 20 hari setelah masa tanam dan berbuah setelah 40 hari. Panen pertama buah mentimun umumnya dilakukan setelah 75 hari. Pemanenan dikerjakan secara bertahap selama 1 sampai 1,5 bulan. Panen dapat dilakukan setiap hari, umumnya dapat dipetik 1 sampai 2 buah per tanaman. Produksi buah mentimun yang baik dapat mencapai 30 ton per hektar. Buah mentimun hasil panen harus diletakkan di tempat yang sejuk sebab buah mentimun akan cepat kehilangan kandungan air di dalamnya. Setelah dipanen, mentimun di pack ke dalam waring sayur. Sebab waring sayur ini memiliki kerapatan ronga jaring yang baik sehingga mentimun dapat berinteraksi dengan udara dan akan tetap segar hingga sampai di tempat pemasaran.

Produsen-Distributor-Waring-Karung-Jaring-Untuk-Sayuran-Harga-Murah

Info selengkapnya mengenai harga Waring Sayur silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring Sayur untuk pengemasan produk pertanian anda dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service :
Telp : 031 – 8830487 
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( non PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s