Inilah 5 Teknik Pemanenan Terong Ungu Yang Benar | Waring Sayur

5200717_17abf614-bc0c-4487-8cf0-3eaf88347c50

Jual Waring Sayur Best Quality – Lim Corporation

Terong ungu adalah tumbuhan pangan yang ditanam untuk dimanfaatkan buahnya. Asal usul budidaya sayuran terung berada di bagian selatan dan timur Asia sejak zaman prasejarah, namun baru dikenal di dunia Barat lebih awal sekitar tahun 1500. Buahnya memiliki berbagai warna, terutama ungu, hijau, dan putih. Catatan tertulis yang pertama tentang sayuran terung dijumpai dalam Qí mín yào shù, merupakan sebuah karya pertanian Tiongkok kuno yang ditulis tahun 544. Banyaknya nama bahasa Arab dan Afrika Utara untuk terong dan kurangnya nama Yunani dan Romawi menunjukkan bahwa pohon ini dibawa masuk ke dunia Barat melalui kawasan Laut Tengah oleh bangsa Arab pada awal Abad pertengahan. Nama ilmiah sayuran terong ungu ini Solanum melongena, berasal dari istilah Arab abad ke -16 untuk sejenis sayuran terong.

Baca Juga:

Banyak sekali manfaat dari terong ungu ini untuk kesahatan tidak hanya itu saja namun rasanya ketika dimakan juga enak. Banyak para petani yang membudidayakan tanaman ini sebab permintaan dari pasar yang banyak. Bila saat ini anda sedang membudidayakan tanaman terung ungu ini dan bingung cara memanen yang baik dan benar anda bisa melihat ulasan dibawah ini mengenai proses pemanenan yang baik dan benar. Sebab pemanenan terong ungu yang salah juga akan membuat kualitas sayuran ini menurun.

Teknik pemanenan terong ungu yaitu dengan cara memotong bagian pangkal tangkai buah kira – kira 1,5 cm dari pangkal tangkainya untuk mempercepat pekerjaan pada penanganan pasca panen buah terong. Pemanenan dikerjakan dengan memakai alat yang tajam. Fungsi alat yang tajam yaitu untuk merapikan bekas potongan supaya rajin serta tak menambah luka pada bagian sayatan agar tak menimbulkan efek sekunder. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya kerontokan bunga saat buah dipetik atau dipanen.

994956_8f9af9ff-ef53-4990-bd96-c248747e68e8_439_348

Alat yang dipakai saat proses pemanenan sayuran terong ungu :
• Pisau atau gunting stek
Pisau atau gunting digunakan untuk memotong tangkai buah.
• Waring sayur
Waring sayur ini digunakan untuk wadah seusai memetik terong agar memuat lebih banyak dan mudah saat diangkut ke kendaraan.

Waktu umur panen sayuran terong ungu
Umur tanaman yang siap untuk dipanen ialah tergantung dari varietasnya sendiri, ada varietas terong yang dapat dipanen pada umur 2 bulan. Pemanenan harus mempertimbangkan lama pengangkutannya. Buah terong dipetik dalam keadaan lebih muda tapi bijinya belum keras dan struktur daging buahnya belum terliat. Jika buah dipaksakan untuk diangkut dalam jangka waktu yang lama maka buah harus dipetik sebelum masak dan harus sudah terlihat barnasnya.

Rotasi panen sayuran ungu
Rotasi pada pemanenannya rutin setiap 3 sampai 7 hari sekali dengan cara memilih buah yang siap untuk dipetik atau seminggu dua kali sehingga total didalam satu musim bisa dipanen 8 kali dengan potensi jumlah buah per tanaman dapat mencapai 18 buah.

Waktu panen sayuran terong ungu
Saat yang paling tepat untuk memanen yaitu saat pagi atau sore hari. Waktu pemanenan berpengaruh pada kualitas buah yang akan dipanen. Penelitian mengatakan panen tak bisa dikerjakan pada siang hari sebab jika dilakukan pada siang hari maka bisa memutuskan proses fotosintesis yang sedang berlangsung, sehingga saat proses pembentukan zat gizinya bisa terganggu yang bisa mengakibatkan kadar gizi dari buah yang dipanen pada siang hari lebih rendah dari pada buah yang dipanen pada malam hari.

Iklan FP (2)

Pengangkutan sayuran terong ungu
Proses pengangkutan buah terong dari lahan menuju ke tempat penanganan pasca panen bisa dikerjakan dengan cara memasukkah buah terong yang panen ke dalam Waring Sayur yang ditata rapi di dalamnya dan kemudian diikat pada bagian ujung, setelah itu di angkut ke tempat penanganan pasca panen dengan sebuah gerobag atau mobil.

Penanganan pasca panen sayuran terong ungu
• Memotong setengah dari tangkai buah supaya mudah saat pembungkusan atau pengemasan. Jika perlu kadan dipotong hingga habis.
• Membersihkan bagian luar buah dari kotoran yang menempel pada kulit buah dengan memakai kain atau lap yang telah dibasahi menggunakan air.
• Mengemas buah dengan waring sayur agar lebih mudah saat diangkut dan dibawah di kendaraan yang akan menuju pasar atau pengepul.

Produsen-Distributor-Waring-Karung-Jaring-Untuk-Sayuran-Harga-Murah

Info selengkapnya mengenai harga Waring Sayur silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring Sayur untuk pengemasan produk pertanian anda dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service :
Telp : 031 – 8830487 
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( non PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s