Inilah Tips Merawat Dan Memanen Ubi Jalar | Waring Sayur

panen-ubi-jalar-mx2e4c-prv

Jual Waring Sayur Awet Dan Murah – Lim Corporation

Ubi jalar atau nama latinnya Ipomoea batatas L atau dalam bahasa Inggris sweet potato merupakan sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman ubi jalar adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi karbohidrat yang tinggi. Di Negara Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang sangat penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat untuk sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias sebab keindahan daunnya. Bila saat ini anda sedang membudidayakan ubi jalar, anda bisa membaca ulasan dibawah ini mengenai cara merawat dan memanen ubi jalar.

Baca Juga:

Cara perawatan dan pemanenan umbi ubi jalar :

Penyiraman
Penyiraman hanya dikerjakan pada saat awal penanaman hingga tumbuh tunas baru. Tanaman ubi jalar merupakan tanaman yang tahan terhadap kekeringan.Intensitas hujan dua minggu sekali sudah cukup memberikan asupan air tanaman ini. Sehingga relatif tidak membutuhkan penyiraman secara terus menerus.

994956_8f9af9ff-ef53-4990-bd96-c248747e68e8_439_348

Penyulaman
Setelah 2 – 3 minggu penanaman, periksa dulu keseluruhan tanaman. Bila terdapat tanaman yang gagal tumbuh segera sulam dengan tanaman yang baru. Penyulaman dikerjakan dengan cara mencabut tanaman yang mati dan menggantinya dengan stek batang yang baru.

Penyiangan gulma
Gulma merupakan tumbuhan yang tumbuh pada areal yang tak dikehendaki tumbuh pada areal atau lahan pertanaman. Gulma pada lahan tanaman ubi jalar dapat mengganggu pertumbuhan ubinya. Sehingga perlu adanya pembersihan gulma pada ubi jalar. Gulma yang ada pada tanaman ubi jalar cenderung berada pada sekitar jalur antar bedengan. Penyiangan bedengan pada lahan ubi jalar umumnya dikerjakan dengan mencabut secara langsung gulma yang terdapat pada lahan ataupun memakai peralatan seperti cangkul. Pada saat ubi jalar sudah berumur lebih dari dua bulan, proses penyiangan sudah tidak terlalu dibutuhkan sebab tanaman sudah rimbun dimana gulma sudah sulit untuk berkembang.

Iklan FP (2)

Pengendalian hama dan penyakit
Hama yang menyerang tanaman ubi jalar umumnya adalah ulat yang ada di dalam ubi ataupun pada daun. Solusinya yaitu membersihkan tanaman yang sakit supaya tidak menular, yaitu memang dengan cara kimiawi yaitu dengan penyemprotan insektisida dengan dosis yang dianjurkan. Bila didapati ada tanaman yang sakit terlalu parah,harus langsung mencabutnya untuk memutus penularan ke tanaman yang lainnya.

Cara panen budidaya ubi jalar
Budidaya ubi jalar dapat dipanen pada usia 3,5 hingga 4 bulan setelah tanam. Umbi diambil dari dalam tanah dengan cara mencabut batang tanaman atau mengeruk tanah dengan tangan pada sekitar batang umbi – umbi ubi jalar. Pemanenan dengan menggunakan cangkul harus dilakukan dengan hati – hati supaya tidak melukai umbi dan bisa menurunkan kualitas serta menurunkan nilai jual ubi jalar. Setelah umbi diambil, kemudian umbi ubi jalar dibersihkan dari sisa – sisa tanah yang menempel, setelah itu dikemas di dalam waring sayur. Kenapa menggunakan waring sayur ? sebab waring sayur memiliki kerapatan ronga – ronga jaring yang baik sehingga ubi jalar masih bisa beriteraksi dengan udara diluar yang membuat ubi jalar tetap segar hingga di tempat pemasaran.

Produsen-Distributor-Waring-Karung-Jaring-Untuk-Sayuran-Harga-Murah

Info selengkapnya mengenai harga Waring Sayur silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring Sayur untuk pengemasan produk pertanian anda dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service :
Telp : 031 – 8830487 
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( non PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s