Cara Budidaya Nanas Dengan Baik Dan Benar

  • Syarat Tumbuh

    Tanaman nanas dapat tumbuh pada kondisi iklim basah atau kering. Secara umum, tanaman nanas toleran kekeringan serta memiliki berbagai macam curah hujan yang sekitar 1000-1500 mm/tahun.Tanaman nanas dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari rata-rata 33-71% kontinuitas maksimal, dengan tingkat tahunan rata-rata 2.000 jam. Sesuai dengan suhu budidaya nanas adalah 23-32°Celcius. Nanas lebih cocok dibudidayakan di dataran rendah dibanding di dataran

  • Media Tanam

    Jenis tanah yang digunakan untuk pertanian cocok untuk tanaman nanas. Namun, lebih cocok dengan jenis tanah yang mengandung pasir, subur, subur dan tinggi bahan organik dan kadar kapur yang rendah.Kadar keasaman adalah pH 4,5-6,5. Air diperlukan untuk pertumbuhan tanaman nanas dalam Untuk penyerapan nutrisi yang dapat larut di dalamnya. Namun, kadar air tanah dalam tidak terlalu banyak, tidak becek (menggenang). Hal yang perlu menjadi perhatian adalah aerasi dan drainase harus baik, karena tanaman terendam akan sangat rentan membusuk.

budidayaa nanasss

Tahap-Tahap Budidaya Nanas

  • Pembibitan

Nanas dapat dikembangbiakan dengan cara vegetatif dan generatif. Cara vegetatif digunakan ialah tunas akar, tunas batang, tunas buah, mahkota buah dan stek batang. Cara generatif dengan biji yang ditumbuhkan dengan persemaian, (jarang digunakan). Kualitas bibit yang baik harus berasal dari tanaman yang pertumbuhannya normal, mempunyai daun-daun yang nampak tebal-tebal penuh berisi, bebas hama dan penyakit, mudah diperoleh dalam jumlah banyak, pertumbuhan relatif seragam serta mudah dalam pengangkutan terutama untuk bibit stek batang. Tunas batang dan stek batang. Artikel ini akan membahas bagaimana mendapat bibit dari tunas batang.

  • Penyiapan Bibit tunas batang

Pilih tunas batang pada pohon induk yang sedang berbuah/setelah panen. Tunas batang yang baik memiliki panjang 30-35 cm. Daun dekat pangkal pohon dipotong untuk mengurangi penguapan serta mempermudah pengangkutan bibit, setelah itu semai bibit dalam polybag serta biarkan di tempat teduh. Jika bibit sudah tumbuh, maka siap angkut ke tempat penanaman langsung segera ditanam.

  • Pengolahan Media Tanam

Penanaman nanas dapat dilakukan pada lahan tegalan atau ladang. Waktu persiapan dan pembukaan lahan yang paling baik adalah disaat waktu musim kemarau. Sedangkan pengolahan tanah dapat dilakukan pada awal musim hujan. Derajat keasaman tanah perlu diperhatikan karena tanaman nanas dapat tumbuh dengan baik pada pH sekitar 5,5. Jumlah bibit yang diperlukan untuk suatu lahan tergantung dari jenis nanas, tingkat kesuburan tanah dan ekologi pertumbuhannya. Kemudian buang serta bersihkan batu-batuan dari sekitar lahan kebun ke tempat penampungan limbah pertanian. Tanah kemudian dicangkul/dibajak dengan traktor sedalam 30-40 cm hingga gembur. Biarkan tanah menjadi kering minimal selama 15 hari agar tanah benar-benar matang dan siap ditanami.

Pembentukan bedengan dapat dilakukan bersamaan dengan pengolahan tanah untuk kedua kalinya yang sesuai dengan sistem tanam yang dipakai. Sistem petakan cukup dengan cara meratakan tanah, lalu di sekelilingnya dibuat saluran pemasukan dan pembuangan air. Buat bedengan dengan lebar 80-120 cm, jarak antar bedengan 90-150 cm atau variasi lain sesuai dengan sistem tanam. Tinggi petakan atau bedengan ialah antara 30-40 cm.

gudd

  • Pemupukan

Dalam penanaman nanas dilakukan pemberian pupuk kandang dengan dosis 20 ton per hektar. Cara pemberian: dicampurkan merata dengan lapisan tanah atas atau dimasukkan per lubang tanam. Juga digunakan pupuk anorganik NPK dan urea. Nitrogen (N) sangat diperlukan untuk pertumbuhan tanaman, fosfor diperlukan selama beberapa bulan pada awal pertumbuhan sedangkan Kalium diperlukan untuk perkembangan buah, khususnya nanas. Pupuk urea penggunaannya dikombinasikan dengan perangsang pertumbuhan bunga.

 

  • Cara Penanaman

Penanaman yang baik dilakukan pada awal musim hujan.
Langkah-langkah yang dilakukan :

  • Buat lubang tanam pada jarak tanam yang dipilih sesuai dengan sistem tanam. Ukuran lubang tanam ialah 30 x 30 x 30 cm.
  • Gunakan bibit nanas sehat dan baik serta menanam bibit pada lubang tanam yang tersedia masing-masing satu bibit per lubang tanam
  • Penanaman bibit nanas jangan terlalu dalam, 3-5 cm bagian pangkal batang tertimbun tanah.
  • Tanah ditekan/dipadatkan di sekitar pangkal batang bibit nanas agar tidak mudah roboh serta akar tanaman dapat kontak langsung dengan air tanah.
  • Lakukan penyiraman hingga tanah lembab dan basah.

nanasss

  • Pemeliharaan Tanaman Nanas

– Penjarangan nanas tidak dilakukan karena tanaman nanas spesifik dan tidak berbentuk pohon. Kegiatan penyulaman nanas diperlukan, sebab ceding-ceding bibit nanas tidak tumbuh karena kesalahan teknis penanaman atau faktor bibit.

– Penyiangan diperlukan untuk membersihkan kebun nanas dari rumput liar dan gulma pesaing tanaman nanas. Waktu penyiangan tergantung dari pertumbuhan rumput liar di kebun, namun untuk menghemat biaya penyiangan dilakukan bersamaan dengan kegiatan pemupukan.

– Pembubunan diperlukan dalam penanaman nanas, dilakukan pada tepi bedengan yang seringkali longsor ketika diairi. Pembubunan sebaiknya mengambil tanah dari selokan atau parit di sekeliling bedengan, agar bedengan menjadi lebih tinggi dan parit menjadi lebih dalam, sehingga drainase menjadi normal kembali. Pembubunan berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah dan akar yang keluar di permukaan tanah tertutup kembali sehingga tanaman nanas berdiri kuat.

Baca Juga :
Bisnis Tak Pernah Mati : Ternak Lele Sankurian
Fungsi Jaring Kerambah Yang Tidak Diketahui
Distributor Jaring Kerambah, Hub. 0877 0282 1277
Jual Jaring Untuk Kerambah Ikan

– Pemupukan dilakukan setelah tanaman berumur 2-3 bulan dengan pupuk buatan. Pemupukan susulan berikutnya diulang tiap 3-4 bulan sekali sampai tanaman berbunga dan berbuah. Cara pemberian pupuk dibenamkan/dimasukkan ke dalam parit sedalam 10-15 cm diantara barisan tanaman nanas, kemudian tutup dengan tanah. Cara lain: disemprotkan pada daun terutama pupuk Nitrogen dengan dosis 40 gram Urea per liter atau ± 900 liter larutan urea per hektar.

– Pengairan Dan Penyiraman dapat dilakukan walaupun tanaman nanas tahan terhadap iklim kering. Pengairan /penyiraman dilakukan 1-2 kali dalam seminggu atau tergantung keadaan cuaca. Tanaman nanas dewasa masih perlu pengairan untuk merangsang pertumbuhan bunga serta pembuahan secara optimal. Pengairan dilakukan 2 minggu sekali. Waktu pengairan yang paling baik adalah sore dan pagi hari dengan menggunakan mesin penyemprot.

  • Panen

Nanas dapat dipanen setelah berumur 12-24 bulan, tergantung dari jenis bibit yg digunakan. Ciri-ciri nanas yg siap dipanen yaitu
Mahkota buah terbuka., Tangkai ubah mengkerut, Mata buah lebih mendatar, besar & bentuknya bulat, Warna bagian dasar buah kuning, Timbul aroma nanas yg harum & khas. Cara memanen buah nanas yaitu dengan memilih buah nanas yg menunjukkan tanda-tanda siap panen. Pangkal tangkai buah dipotong secara mendatar/miring menggunakan pisau tajam & steril. Pemanenan dilakukan secara hati-hati supaya tidak rusak & memar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s