Cara Mudah Menanam Bonsai Kedondong

Kedondong (Spondias dulcis) merupakan tanaman buah yang tergolong di dalam famili Anacardiaceae. Buah kedondong memiliki rasa yang masam dan segar sehingga sering diolah menjadi rujak dan manisan. Sedangkan daunnya yang beraroma semerbak kerap dipakai sebagai penyedap masakan, terutama pepes ikan.

Pohon kedondong dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 2-3 meter. Buah yang masih muda berwarna hijau, bertekstur keras, dan mengandung getah. Buah yang telah matang selanjutnya akan berubah warna menjadi hijau kekuningan serta memiliki tekstur yang agak empuk. Biji kedondong berbentuk menyerupai serabut akar yang tertanam di dalam daging buah

Beberapa pencinta bonsai kerap menjadikan kedondong sebagai tanaman bonsai. Keindahan dari bonsai kedondong tidak hanya terletak pada bentuk dahannya yang berlekuk-lekuk, tetapi juga buahnya mampu menimbulkan kesan yang unik. Jika tertarik, Anda bisa membuat bonsai tanaman kedondong sendiri dengan langkah-langkah sebagai berikut!

Langkah 1 : Pengadaan Bibit

Jenis kedondong yang paling bagus untuk dijadikan bonsai ialah kedondong hutan. Kemudian tanaman tersebut diperbanyak dengan teknik sambung pucuk bersama kedondong bangkok sebagai entres. Pilih bonggol kedondong hutan yang memiliki dahan yang berdiameter 6-8 cm dan bentuknya berlekuk-lekuk. Kemudian pangkas bagian-bagian tanaman yang tidak perlu.

Setelah itu, siapkan pula entres yang berasal dari kedondong bangkok. Sama seperti bonggol, pemilihan entres juga sebaiknya yang mempunyai banyak alur dan usianya sudah cukup tua. Setelah dipotong dengan pangkal yang berbentuk lancip, Anda bisa menyambungkannya dengan bonggol di atas.

Baca Juga :
Kemuning, Bunga Mirip Melati Namun Bukan Melati
Cara Menanam Kubis Dengan Baik Dan Benar
Ciri – Ciri Karung Beras Yang Baik Untuk Konsumen
Manfaat Karung Beras dan Karung Laminasi

Langkah 2 : Penyiapan Pot

Kami menyarankan penggunaan pot tanah liat sebagai wadah penanaman karena pot ini mampu menjaga kelembaban tanah dengan baik. Sebaiknya gunakan pot yang bentuknya melebar sehingga bonsai tampak seimbang dan keindahannya bisa dinikmati mulai dari bagian pangkal tanaman. Pemilihan pot yang dihiasi dengan ornamen akan meningkatkan nilai dari bonsai yang ditanam di atasnya.

Media tanam yang akan digunakan untuk memelihara kedondong ialah campuran tanah, pasir, dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1:1. Bagian dasar pot diberi hamparan kerikil terlebih dahulu untuk menahan media tanam agar tidak mudah hanyut terbawa air. Sedangkan di bagian atasnya bisa ditanam moss sebagai mulsa untuk menjaga kelembaban udara.

Langkah 3 : Penanaman Bibit

Bibit bonsai kedondong yang sudah jadi lantas dipindahtanamkan ke dalam pot. Sebelumnya, Anda harus menyemai bibit tersebut terlebih dahulu selama 1 bulan agar ia mampu beradaptasi dengan baik. Proses penyemaian ini dilakukan dengan menggunakan media berupa campuran pasir dan pupuk kompos yang dimasukkan ke dalam polybag. Siramlah tanaman setiap hari agar tumbuh subur.

Tanaman kedondong ditanam ke pot pada waktu pagi atau sore hari. Anda bisa menyiram polybag sampai basah agar lebih mudah dalam melepaskan tanaman. Setelah itu, pangkas beberapa bagian akar yang dapat merusak keindahan tanaman tersebut. Tanamkan bibit kedondong ini dengan posisi miring sekitar 60 derajat agar tampilannya lebih menarik.

Langkah 4 : Perawatan Tanaman

Selama masa pertumbuhan awalnya, biarkan tanaman kedondong tumbuh secara alami. Anda bisa menyiramnya setiap 2 kali sehari serta memberikan pupuk kandang secukupnya setiap sebulan sekali. Setelah tanaman ini terlihat sudah cukup subur, Anda bisa mulai memangkas beberapa cabang dan daun secara berkala. Tujuan yang utama ialah mengerdilkan bentuk tanaman tersebut. Secara tidak langsung, pemangkasan pun berfungsi untuk merangsang pertumbuhan buah kedondong.

Layaknya pohon mangga, kedondong sangat menyukai cahaya matahari. Tetapi curah hujan yang intensitasnya terlalu tinggi dapat merusak tanaman tersebut. Pindahkan tanaman kedondong ke pot yang lebih besar setiap 2-3 tahun sekali agar ia tetap bisa tumbuh dengan baik. Kalau bisa, hindari memetik buah kedondong yang tumbuh dari tanaman bonsai Anda karena daya tarik utama dari bonsai kedondong terletak di buahnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s