Cara Menanam Pohon Kelapa Dengan Mudah

Kelapa merupakan sejenis pohon palem yang tergolong tumbuhan berbiji satu (monokotil). Memiliki ciri pohon tidak bercabang, daun menyirip dan berakar serabut. Memiliki batang yang keras seperti halnya pohon pinang namun diameter batang lebih besar ketimbang batang pinang. Sebatang pohon kelapa memiliki banyak manfaat maka dari itu pohon ini memiliki julukan sebagai ” Pohon Kehidupan “ karena semua unsur pada pohon kelapa dapat digunakan untuk keperluan manusia mulai dari pucuk sampai akar dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan dan berikut manfaat pohon kelapa :

1. Daun Kelapa
Daun kelapa dapat dijadikan berbagai macam benda. Semacam jadi bingkai lemari, hiasan janur, tempat buah, sapu lidi, sarang ketupat, tatakan, dan keranjang sampah. Sementara pucuk daunnya dapat dibuat makanan, seperti asinan.
Kemudian manggar atau pangkal pelepahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat ragi dan gula. Sementara pelepah keringnya dapat dibuat kipas, sandal, tas tangan, dan topi.

2. Batang Kelapa
Batang kelapa bisa dijadikan untuk membuat perlengkapan rumah tangga. Misalnya meja, kursi, bingkai lukisan, dan lainnya. Selain itu, untuk membuat bahan dasar pembangunan rumah, seperti genteng, papan, dan sebagainya adalah manfaat dari batang kelapa.

3. Buah Kelapa
Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa, dan lembaga (bakal buah). Banyak dari bagian buah kelapa ini yang bisa dimanfaatkan. Contohnya daging buah, air kelapa, tempurung, dan sabut.

Sabut kelapa yang sudah dibuang gabusnya dapat digunakan untuk pelapis kursi dan jok, serta pembuatan tali. Tempurung kelapa juga bisa dijadikan kancing, aksesoris kotak perihiasan, dll , tempurung ini juga dapat digunakan untuk arang batok atau kayu bakar yang dapat digunakan sebagai  arang aktif yang diperlukan oleh berbagai keperluan industri pengolahan.

Daging kelapa dapat dijadikan apa saja, apalagi daging yang masih muda untuk campuran minuman atau bisa juga dijadikan makanan. seperti, kue kelapa, manisan serutan kelapa, dan salad kelapa. Untuk daging kelapa yang tua dapat diolah menjadi kelapa parut, santan, kopra (daging buah kelapa yang dikeringkan), dan minyak.

Tahukah kamu, air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kecap. Dan juga dijadikan bahan pembuatan sari kelapa atau biasa disebut nata de coco.

4. Akar Kelapa
Akar kelapa bermanfaat untuk kehidupan manusia salah satu contoh manfaatnya dari akar kelapa ialah dapat dijadikan perabotan rumah tangga, untuk obat obatan (dalam ukuran atau takaran tertentu), dan zat pewarna.

Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Terong Belanda

– Tanah yang ideal untuk penanaman kelapa adalah tanah berpasir , tanah berliat, dan berabu gunung. Dengan mempunyai struktur serpihan sehingga perakaran dapat berkembang dengan baik dan pH tanah 5,2 hingga 8
– Produksi buah akan rendah apabila tanaman tidak terkena sinar matahari minimal 120 jam per bulan
– Suhu yang paling cocok adalah 27ºC dengan variasi rata-rata 5-7 º C, apabila suhu kurang dari 20º C maka tanaman akan tumbuh tidak baik.
– Curah hujan yang baik 1300-2300 mm/th. Jika terjadi kekeringan panjang akan menyebabkan produksi berkurang 50% , sedangkan kelembapan tinggi menyebabkan serangan penyakit jamur.
– Angin yang terlalu kencang terkadang merugikan tanaman yang terlalu tinggi terutama varietas dalam.

  • Peremejaan ialah mengganti tanaman tua yang produksinya rendah dengan tanaman baru yang produksiny lebih tinggi dari tanaman sebelumnya. Kegiatan perluasan ialah menanam tanaman kelapa di tampat baru yang lingkungannya sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman kelapa, sehingga produktivitas kelapa dalam sebesar 2,0 – 3,0 kopra atau kelapa hibrida 4,0 – 5,0 ton kopra per hekatar per tahun dapat diperoleh.

* Peremajaan Kriteria
– Umur tanaman kelapa lebih 50 tahun.
– Tinggi batang kelapa lebih 15 mete
– Buah kurang dan 3 butir per tahun atau 0,5 ton kopra per hektar per tahun

* Benih/Bibit
– Benih unggul berawal dari Blok Penghasil Tinggi (BPT)
– Benih disiapkan 10 – 12 bulan sebelum tanam
– Umur bibit 8 – 10 bulan.
Pilih buah yang tua dan besar. Rendam atau taruh ditempat basah selama 2 minggu. Setelah itu semaikan bibit di bedengan agar sistem perakarannya bisa cepat muncul. Lakukan penumpukan dengan tanah sampai 2/3 buah dan atur jarak antar bibit 25cm x 25 cm, bibit akan berkecambah setelah 12-16 minggu. Apabila lebih dari 5 bulan tidak muncul kecambah maka bibit sudah tidak bisa digunakan/mati. Setelah umur 30 minggu bibit akan memiliki daun 3 lembar, selanjutnya mulai lakukan pemupukan dengan POC.

  •  Pembuatan Lubang

– Diantara barisan kelapa tua dipasang ajir untuk tempat pembuatan lobang tanam sesuai dengan jarak yang dipilih : 8,5 x 8,5 m atau 9 x 9 x 9 m segitiga.
– Sebulan sebelum bibit ditanam, buatlah lobang terlebih dahulu dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm atau sesuaikan dengan berat ringannya tanah yang diolah, ukuran lobang lebih besar untuk tanah berat dan lebih kecil untuk tanah ringan.

  •  Penanaman

– sebelum 2-4 minggu bibit ditanam, lobang diuruk dengan tanah yang telah dicampur dengan 20 kg pupuk kandang dan pupuk lainnya sesuai dengan kebutuhan.
–  Dibagian tengah lobang bibit ditanam dengan kedalaman sekitar 10 cm dari permukaan tanah.

Catatan :
– Pemberian pupuk pertama sebaiknya pada awal musim hujan (September – Oktober) dan kedua di akhir musim hujan (Maret – April).
– Siram SUPERNASA dengan dosis 1 sendok makan per 10 lt air per pohon setiap 3-6 bulan sekali.
– Semprotkan HORMONIK 1-2 tutup per tangki setiap 2-4 minggu sekali + POC NASA 3 – 4 tutup.

Tambahan:
Pupuk organik POWER NUTRITION terbuat dari beraneka macam bahan organik alami yang diproses secara khusus dengan kandungan unsur hara esensial yang sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk meningkatkan produksi buah.
Cara pemakaiannya yaitu : campurkan 3 sendok makan POWER NUTRITION ke dalam air yang sudah dicampur dengan 1/2 tutup AERO 810 untuk membantu peresapan nutrisi pada akar. Selanjutnya siramkan di sekeliling perakaran tanaman. Lakukan pemupukan ini setiap 3 bulan sekali untuk hasil optimal.

  •  Pemanenan

Kelapa akan berbuah pada umur 8-10 tahun dengan panjang umur antar 60-100 tahun. Apabila ingin memanen kelapa muda panenlah pada saat umur buah 7-8 bulan setelah berbunganya. Jika ingin memanen untuk santan atau kopra sebaiknya umur 12-14 bulan setelah berbunga.

  • Pasca Panen :

Produksi buah kelapa tua belakangan ini mulai memusat pada pembuatan virgin coconut oil atau minyak kelapa murni yang mampu meningkatkan nilai jual dari produk kelapa, ataupun masih dalam bentuk nira ( legen ) untuk keperluan industri gula kelapa, nata de coco, asam cuka, produk minuman, substrat, serta alkohol yang juga mampu meningkatkan nilai jual dari produk kelapa.

* Gula kelapa :
kandungan sukrosa yang dominan di bahan kimia non air menjadikan nira sebagai sumber gula yang sangat potensil.

* Nata de coco :
Nata de coco merupakan bahan olahan dari nira kelapa dalam bentuk gel, bertekstur kenyal seperti kolang kaling, yang proses fermentasinya dibantu oleh mikrorganisme Acetobacter xylium.

* Asam cuka :
Asam cuka dikenal sebagai pemberi rasa asam pada makanan, warna dan juga sebagai bahan pengawet karena membatasi pertumbuhan bakteri.

* Produk minuman:
Bisa dibuat minuman sehat non alcohol maupun ber alkohol dalam kadar rendah  ataupun dalam kadar tinggi.

* Substrat :
Yaitu bahan nutrient yang dipergunakan untuk menumbuhkan mikroba. Substrat ini sangat diperlukan bagi pekerjaan di lab bioteknologi.

Baca Juga : Macam-Macam Hama dan Penyakit Pada Tanaman Wortel serta Cara Mengatasinya

  •  Pemeliharaan

    –  Lakukan pengawasan dua bulan sekali pada gulma atau parasit tumbuhan yang kehdirannya tidak diinginkan, dengan tanaman muda 1,0 m di sekitar tanaman dan tanaman dewasa selebar 2,0 m.
– Pemupukan dilakukan dua kali setahun, pada awal dan akhir musim penghujan dengan dosis pupuk per pohon 0,5 – 0,7 kg ura, 0,1 – 0,4 kg TSP, dan 0,6 – 1,0 kg KCL setiap kali pemupukan.
– Berikan pupuk dengan cara melingkari pohon kelapa dengan jarak 1,0 m dari pohon untuk tanaman kelapa muda dan 2,0 m untuk tanaman dewasa ke dalam tanah sekitar 15 cm.
Kumbang Oryctes rhinoceros dan cendawan Phytophthora palmivora merupakan penyakit umum dan hama yang menyebabkan penyakit busuk pada tanaman pohon kelapa, penyakit busuk ini muncul melalui infis akar.

Demikian Pembahasan Artikel Tentang ” Cara Menanam Pohon Kelapa Dengan Mudah “. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami. Semoga Bermanfaat:)…

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s