Cara Budidaya Labu Dengan Benar Dan Baik

Buah Labu ialah buah yang dihasilkan dari beraneka macam jenis anggota labu lainnya (Cucurbitaceae), terutama yang berdimensi cukup besar. Buah labu kuning mengandung serat yang bagus dan juga nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah yang memiliki nama Latin Cucurbita Moschata atau juga biasa disebut dengan nama waluh ini memiliki rasa yang cukup enak.

Beberapa jenis yang menghasilkan buah yang biasa disebut labu adalah
* waluh : Cucurbita moschata, C. pepo, C. argyrosperma, C. maxima
*labu air Lagenaria siceraria
*beligo Benincasa hispida
*belonceng
*labu siam Sechium edule

Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Cabe Di Green House

Syarat Pemilihan Lahan Budidaya Labu Kuning

Pohon atau tanaman labu kuning dapat hidup dengan baik di wilayah yang berhawa panas maupun di wilayah yang berhawa dingin. Iklim kering adalah iklim yang paling ideal utuk tanaman labu kuning akan tumbuh dengan baik di tanah yang subur atau gembur. Tetapi di atas tanah yang tandus, tanaman ini juga bisa tumbuh dengan cukup baik asalkan tanah diolah dengan pupuk secara benar.

1. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan yang harus dilakukan sebelum menanam labu kuning adalah, mencangkul atau membajak tanah terlebih dahulu biar tanah gembur. Kemudian kita harus mengatur keseimbangan unsur hara tanah dengan cara memupuk dan memberikan dolomite secukupnya. Pola tanam yang digunakan untuk menanam labu kuning yaitu berbaris memanjang dan berjajar. Di tengah baris, kita buat saluran air yang pada saat nantinya akan memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan tanaman akan air.
Pembibitan Labu Kuning

2. Cara menanam labu kuning
Cara menanam labu kuning diawali dengan menyemaikan benih terlebih dahulu. Benih labu dapat diambil dari biji buah labu yang telah tua. Sesudah itu biji dikeringkan dan disemaikan di tempat persemaian yang lembab. Sesudah biji-biji tersebut mulai tumbuh dan memiliki beberapa helai daun, maka penanaman bibit siap dilakukan.

Cara Menanam Labu Kuning

Benih labu kuning kemudian dipindahkan ke tanah dan dimasukan ke dalam lubang-lubang tanam dengan jarak tanam yang baik yaitu sekitar 1 meter. Pemupukan lahan dan pembentukan lubang tanam sebaiknya dilakukan paling tidak 1 minggu sebelumnya. Dua bibit bisa dimasukan kedalam satu lubang tanam. Bibit bisa dikasih abu sekam secara teratur hingga mencapai tinggi 25 cm agar aman dari hama cacing atau bekicot. Pemupukan dan penyiraman juga harus tetap dilakukan sampai panen tiba.

3. Perawatan dan Pemupukan

Penyiangan rumput dapat dilakukan 2-3 kali yaitu pada saat tanaman berumur 10 hari, 3 minggu dan 6 minggu.

Pemupukan tanaman

Penyemprotan dilakukan 7-10 hari sekali dengan menggunakan POC NASA dan Hormonik.
Pestona disemprotkan setiap 2 minggu sekali untuk pencegahan hama penyakit tanaman.
Penyiraman dilakukan setiap 1-3 bulan sekali dengan menggunakan SUPERNASA dan POWER NUTRITION untuk membuat buah yang manis, bermutu, dan banyak.
Pada saat tanaman Labu Kuning dibiarkan tumbuh dan sudah berproduksi lewat dari 6 bulan, maka setiap 3 bulan sekali harus diberi tambahan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5 kg.

4. Panen

Ketika labu kuning sudah berumur 50-60 hari dari penanam berarti labu sudah siap dipanen. Panen dapat dilakukan terus-menerus dengan interval 2-3 kali per minggu. Buah labu yang sudah siap dipanen memiliki warna kuning dengan tangkai buah yang telah mengering. Cara memanen labu dilakukan dengan memotong tangkainya menggunakan pisau.

Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Ikan Kakap

Labu Juga Memiliki Banyak Manfaat Dan Khasiat yang Baik Untuk Kesehatan,  Antara Lain :
1. Menyehatkan mata : Kandungan vitamin A dalam buah labu dapat membuat penglihatan Anda menjadi lebih tajam.
2. Anti radikal bebas : Vitamin C dalam buah ini akan membersihkan efel radikal bebas yang berbahaya.
3. Membuat awet muda : Buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk kulit sehingga mencegah penuaan dini yang terlalu cepat.
4. Mencegah hipertensi : Buah ini mampu mengontrol tekanan darah Anda sehingga tetap seimbang dan tidak menimbulkan hipertensi.
5. Obat sembelit : Sembelit adalah penyakit yang menyerang pencernaan Anda. Dengan mengonsumsi buah ini dengan teratur, sembelit Anda akan berkurang dengan perlahan.
6. Membantu pertumbuhan tulang : Hal ini karena kandungan kalsium di dalamnya dapat membuat tulang Anda sehat dan tumbuh dengan baik. Itulah kenapa buah ini bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang pada anak.
7. Baik untuk gigi : Menyikat gigi saja tidak cukup jika Anda masih mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Buah ini akan menutrisi gigi Anda agar lebih kuat dan sehat.
8. Mencegah kanker :Penyakit kanker muncul karena adanya sel yang rusak yang biasanya diakibatkan oleh efek radikal bebas. Buah ini mampu menjaga ketahanan sel dalam tubuh sehingga tidak mudah rusak.
9. Anti inflamasi : Rasa nyeri yang anda rasakan di bagian tubuh dapat berkurang bila mengkonsumsi buah ini.
10. Mencegah stroke : Stroke adalah penyakit yang dapat diatasi oleh buah labu kuning. Jika Anda ingin terhindar & terbebas dari penyakit ini, cobalah untuk memakan buah labu ini dengan rutin.

Selain manfaat dan khasiat labu kuning untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:
Baik untuk penderita anemia
Sumber energy
Makanan pendamping ASI
Menjaga sistem imun
Mengobati penyakit cacingan

 

Demikian Pembahasan Artikel Tentang ” Cara Budidaya Labu Dengan Benar Dan Baik “. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami. Semoga Bermanfaat…

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s