Cara Lengkap Budidaya Ikan Mas Yang Benar

slide1A. Menyiapkan Kolam Jaring Apung (KJA)

Sebelum melakukan penebaran benih ikan, yang pertama dicek yaitu ukuran mata jaring serta keutuhan jaring. Apabila ukuran benih ikan mas 1 kg = 80 – 100 ekor (5-8 cm) jadi mata jaring yang dipakai yaitu 1 inci. Yakinkan KJA (Kolam Jaring Apung) ada pada posisi yang benar.

 

B. Menyebar Benih

Padat penebaran untuk net kolam ukuran 7x7x3 m diperlukan benih ikan mas 125 kg ukuran 5-8 cm. Penebaran benih dikerjakan saat malam hari. Pelepasan benih ikan dengan memakai metoda aklimatisasi yakni lewat cara membiarkan kantong plastik benih buka sedikit. Aklimatisasi ditujukan untuk mengadaptasikan benih dalam tempat yang baru, lantaran ikan memiliki terbatasnya kecepatan penyesuaian jadi benih dibantu supaya lebih cepat sampai benih terlepas semuanya.

*Baca Juga Langkah Paling Mudah Budidaya Terong Belanda

C. Memberi Makan Pada Ikan

Karena kepadatan populasi ikan dalam net kolam tinggi, jadi sudah pasti ketersediaan pakan alami tak memenuhi keperluan ikan itu. Oleh karenanya butuh diberi pakan penambahan yang berbentuk pellet dengan gizi tinggi yakni dengan kandungan protein 20 persen.

Berikan Pakan Ikan Mas Dalam Jaring Apung
Jumlah pellet yang diberikan 3-5 persen kali bobot keseluruhan ikan dalam net kolam, diberikan sampai 5 kali dalam sehari. Pemberian pakan bergantung dengan keadaan ikan atau keadaan lingkungan, bila cuaca cerah, ikan lebih cepat lapar, karena itu ikan butuh di beri makan.

D. Menaksir Bobot Keseluruhan Ikan

Untuk menaksir bobot keseluruhan ikan jadi yang dikerjakan yaitu mengambil ikan contoh. Pengambilan ikan contoh dikerjakan 1 minggu satu kali, lewat cara menangkap 30 ekor ikan dengan cara acak lalu ikan itu ditimbang. Ikan contoh itu dihitung bobot rata-ratanya. Bobot ikan keseluruhan dihitung dengan memakai pendekatan jumlah populasi awal dikurangi jumlah ikan yang mati dikalikan bobot rata-rata ikan contoh.

*Baca Juga LANGKAH MUDAH BUDIDAYA UBI CILEMBU ST1

Sesudah taksiran bobot keseluruhan ikan terhitung, jadi bobot pakan yang bakal diberikan bisa dihitung, namun peristiwanya dapat berbeda jika cuaca panas, yang menyebabkan pemberian pakan bertambah serta menyimpang dari pendekatan, untuk tahu hal semacam ini butuh dihitung konversi serta efisiensi pakan, jika konversi pakan 1, 8 – 2 jadi tujuan tercukupi. Semakin baik jika sebelum akhir periode pembesaran, ukuran ikan sudah terwujud hingga bisa dikerjakan pemanenan lebih awal yang bermakna menghemat pakan serta waktu.

E. Saatnya Memanen Ikan Masbudidaya-ikan-mas

Sesudah benih ikan mas dipelihara sepanjang 2, 5 – 3 bln., jadi ukuran ikan jadi 1 kg = 3-5 ekor. Berdasar pada keinginan pasar umumnya ikan mas ukuran ini y
ang banyak disukai oleh pembeli biasanya.
Pemanenan dikerjakan dengan cara serentak, sebelum ikan dipanen, ikan dalam net kolam dipuaskan terlebih dulu sepanjang sehari, hal semacam ini bertujuan agar dalam pengangkutan ikan sedikit mengeluarkan kotoran.

*Baca Juga 7 Langkah Jitu Budidaya Ikan Gurame Yang Baik

Langkah pemanenan ikan
Alat yang dipakai yaitu tambang atau bambu. Selipkan tambang atau bambu tersebut di bawah net kolam yang bakal dipanen. Lalu bambu atau tambang itu digerakkan menghadap ketepi. Pada akhirnya ikan bakal terkumpul di pinggir net. Sesudah ikan berkumpul, ikan di tangkap dengan cara hati-hati, upayakan ikan jangan terluka.

Tujuan panen yang umum diinginkan yaitu jika :
Jumlah pakan atau jika konversi pakan pakan 1, 8-2. Jika perhitungan ini tercukupi jadi keuntungan bakal dicapai.

banner-waring-sayur

PRODUSEN WARING IKAN MURAH DISURABAYA
Kami menjual waring ikan dengan harga murah, Hub: 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950. Waring ikan ini sangat cocok untuk keperluan: budidaya perikanan keramba/bagan apung, tambak, pagar tanaman, dan kandang ternak.
– Warna : Hitam
– Ukuran : 1,2 m x 100 m (1 roll)
– 1 ball : 10 roll
Info harga waring bisa anda klik disini http://bit.ly/2cPMM3G
Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.
#WaringIkan #JaringIkan #JaringKeramba #WaringIkanMurah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s