Langkah Budidaya Ubi Jalar

download

Orang-orang Indonesia punya kebiasaan untuk konsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat walau demikian, ada sumber karbohidrat yang lain yakni ubi jalar. Tanaman yang bernama lain ketela rambat serta mempunyai bhs ilmiah Ipomoea batatas L. Adalah makanan yang datang dari Amerika Selatan yang mempunyai suhu tropis.

*Baca Juga Panduan Cara Budidaya Kentang
Tumbuhan merambat kerap dibudidayakan berdasar pada langkah budidaya ubi jalar untuk digunakan umbinya serta daunnya yang masihlah muda untuk jadikan sayuran.
Ubi jalar bisa ditanam ditempat dengan suhu sekitaran 21-27oC serta di daerah tropis dengan curah hujan sekitaran 750-1500 mm/th.. Hal itu karena cahaya matahari butuh untuk perkembangan tanaman yakni sekitaran 11-12 jam satu hari.

Penyiapan Bibit
Untuk mempersiapkan bibit ubi jalar, bisa dikerjakan dengan 2 langkah yakni :

1. Langkah generatif tidak sering dikerjakan untuk budidaya ubi jalar dalam taraf duit luas tetapi untuk perbanyak bibit dalam taraf yang terbatas. Langkahnya dengan pilih umbi berkwalitas baik serta sehat. Umbi pilihan lantas dilewatkan ditempat lembab serta teduh sampai tunas keluar. Tunas itu lantas dipotong serta siap ditanam.
2. Langkah vegetatif lewat cara stek. Tentukan indukan dari tanaman berusia diatas 2 bln. dengan ruas pendek. Potong batang sekitaran 15-25 cm. Di tiap-tiap potongan, sekurang-kurangnya ada 2 ruas batang. Papas daun serta ikat batang yang sudah di stek lantas biarlah ditempat teduh sepanjang 1 minggu. Langkah tersebut cuma disarankan untuk 3-5 kali penanaman.

*Jika anda membutuhkan waring ikan atau waring sayur, silahkan menghubungi kami di 085233925564 / 087702821277 / 081232584950.

Pemrosesan Tanah

Tanah yang pas untuk ditanami yaitu tanah lempung yang berpasir, gembur dan memiliki kandungan banyak unsur hara serta mempunyai system drainase yang baik. Bila ditanam di tanah yang kering serta retak, bakal bikin imunitas tanaman alami penurunan hingga bakal diserang hama serta penyakit. Tetapi bila ditanam ditempat yang becek serta basah, umbi bakal jadi kerdil, umbi gampang busuk serta bentuk benjol dan kandungan serat tinggi.

Tanah yang pas untuk jadikan sebagai tempat tanaman yaitu tanah dengan pH 5, 5-7, 5 serta tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di tegalan sawah. Bila ditanam di tegalan sawah, baiknya kerjakan waktu akhir musim hujan apabila ditanam di tempat sawah, kerjakan waktu musim kemarau. Untuk pemrosesan tanah, tak perlu memerlukan pupuk yang banyak.

p1050947

*Baca Juga Trik Budidaya Tanaman Wortel
Sebelumnya lakukan penanaman, tanah baiknya dicangkul atau dibajak untuk menggemburkannya. Buat bedengan dengan tinggi 30-40 cm dengan lebar 60-100 cm serta jarak antar bedengan 40-60 cm.
Panjang bedengan bergantung dari bentuk tempat yang Anda pakai. Baiknya pakai pupuk kandang atau kompos serta campur pada bedengan dengan ukuran 20 ton/hektar. Pupuk kandang yang bagus untuk dipakai yaitu pupuk kandang dari kombinasi kotoran ayam serta kambing atau sapi yang sudah masak.

Penanaman serta Perawatan

Penanaman dalam langkah budidaya ubi jalar dikerjakan dengan membenamkan 2/3 sisi dari stek batang ke tanah. Dalam 1 bedengan, buat 2 baris tanaman dengan jarak antar tanaman dalam 1 baris yaitu sekitaran 30 cm serta jarak antar baris yakni 40 cm. Untuk 1 hektar, diperlukan sekitaran 36 ribu batang. Waktu awal perkembangan, kerjakan penyiraman pagi serta sore untuk melindungi kelembapan tanah. Penyiraman bisa dihentikan saat tanaman mulai berkembang dengan ciri keluarnya daun baru.
Bila tanaman ditanam di daerah dengan intensitas hujan sekali dalam 2 minggu, Anda tak perlu lakukan penyiraman terus-terusan lantaran telah cukup konsumsi air. Kontrol keseluruhnya dikerjakan sesudah 2-3 minggu penanaman.
Bila ada tanaman yang tidak berhasil, selekasnya sulam dengan tanaman baru. Pembongkaran tanah dengan radius 10 dari tanaman dikerjakan waktu berusia 4 minggu supaya akar tak menyebar kemana saja.
Langkah tersebut dapat juga dikerjakan dengan menyiangi gulma. Usia 6-8 minggu, kerjakan tutup kembali tanah serta atur akar yang keluar dari jalur penanaman hingga umbi tidaklah terlalu besar. Bila tak ditertibkan, jadi umbi yang dibuat bakal banyak dengan ukuran yang kecil. Cermati hama serta tanaman yang bisa meneror tanaman ubi jalar Anda hingga ubi bisa tumbuh optimal.
Pemanenan

Sesudah lakukan langkah budidaya ubi jalar, kerjakan pemanenan saat ketela rambat itu sudah berusia sekitaran 3, 5-4 bln.. Saat memanen, cermati tentang cuaca waktu itu. Jauhi pemanenan saat musim hujan deras lantaran bakal bikin umbi membusuk.
Baiknya panen dikerjakan optimal 7 hari sesudah hujan berlangsung. Budidaya Anda bakal disebutkan sukses bila 1 bibit tanaman bisa membuahkan minimum 1 kg ubi jalar serta keseluruhan bisa meraih kian lebih 25 ton per hektar bahkan juga bisa meraih 30-40 ton/hektar untuk varietas spesifik. Sortir serta taruh di karung ditempat kering.

Kami menyediakan waring ikan dan waring sayur murah dan berkulitas untuk info harga silahkan klik DISINI atau untuk info pemesanan lengkap silahkan menghubungi kami di 0852.3392.5564 / 0877.0282.1277 / 0812.3258.4950 Email : limcorporation2009@gmail.com

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s