Langkah Praktis Budidaya Udang Galah Yang Menguntungkan

udangkami

Budidaya udang galah dapat dikerjakan di kolam maupun tambak darat. Sekarang ini aktivitas pembesaran udang galah telah meluas keberbagai daerah, mencakup Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur serta Bali. Untuk mendukung kesuksesan aktivitas/usaha budidaya jadi diperlukan tehnologi yang sesuai sama keperluan serta taraf usaha yang dipunyai oleh pembudidaya.
Bagian mengawali budidaya udang galah yaitu :
1. LOKASI BUDIDAYA
Rencana pembangunan wadah budidaya mesti penuhi kriteria diantaranya ; lokasi bebas banjir serta pencemaran, type tanah liat berpasir, kolam di buat pada ketinggian 0-700 mtr. dpl.

*Baca Juga Jual Waring Ikan Harga Murah
Air ada selama th., bebas polusi, aliran air mesti bagus, bebas pencemaran, bebas polusi. Debet air yang disarankan 0, 5-1 liter per detik untuk luasan kolam 300-1. 000 m2.

2. BAHAN DAN ALAT
Seperti budidaya di kolam biasanya, perlengkapan yang umum dipakai diantaranya ; alat pengangkut benih, serok, ember, seser, timbangan, Ayakan halus dari kain, cangkul.

3. PENGELOLAAN AIR
Aliran air yang baik memegang fungsi utama dalam proses pembesaran udang galah. Baiknya air dikolam mesti mengalir. Untuk kolam pemeliharaan dengan media yg tidak mengalir kwalitas air condong alami penurunan
sesudah sebulan saat pemeliharaan. Untuk mengatasinya bisa dikerjakan pergantian air sejumlah 30-50% dengan air yang baru.
C, dengan pH 6, 5-8, 5. Oksigen°Suhu optimum yang dibutuhkan yaitu 28-30 terlarut minimum yaitu 4 ppm, dibutuhkan juga Ca minimum 52 ppm serta salinitas 0-5 ppt.

 

p1050947

 

4. PENCEGAHAN HAMA DAN PENYAKIT
Ada hama serta penyakit ditetapkan dengan kontrol yang dikerjakan dengan cara visual pada organisme pengganggu baik yang berbentuk predator ataupun pesaing.
Hama yang kerap mengganggu dikolam pemeliharaan yaitu ikan-ikan liar yang masuk tanpa ada berniat seperti ikan gabus, lele dan sebagainya. Untuk menghindar masuknya hama pemangsa itu butuh di buat saringan pada pintu pemasukan serta pengeluaran air kolam berbentuk hapa yang terbuat dari jaring dengan mesh size 0, 2 mm.
Dalam sistem pembesaran dibutuhkan kontrol kesehatan yang dikerjakan seperti berikut :

Pengambilan contoh untuk pengujian kesehatan udang galah (Macrobrachium rosenbergii) dikerjakan dengan cara acak dengan jumlah udang sesuai sama keperluan untuk penilaian visual ataupun mikroskopik.
Penilaian visual dikerjakan untuk kontrol ada tanda-tanda penyakit serta kesempurnaan morfologi udang galah (Macrobrachium rosenbergii) .
Penilaian mikroskopik dikerjakan untuk kontrol jasad pathogen (parasit, jamur, virus serta bakteri) di laboratorium.
Penyakit yang kerap menyerang yaitu udang berlumut yang dikarenakan kedalaman air di kolam kurang mencukupi dengan aliran yang kurang baik, untuk menangani permasalahan dengan aliran air dapat dipasang kincir angin.

*Baca Juga Waring, Pelindung Kebun Anda Dari Hama Siput

cropped-waring-sayur.jpg

5. MASA PANEN UDANG GALAH
Udang galah bisa dipanen sesudah 4 bln., 6 bln., atau bahkan juga lebih, sesuai sama ukuran udang yang diperlukan oleh konsumem. Umumnya udang galah bisa mulai di jual sesudah meraih ukuran 20 – 25 gr/ekor, namun makin besar ukuran udang harga nya juga makin mahal.
Sekian sebagian tekis praktis budidaya udang galah, bagian budidaya udang galah, dan deskripsi keuntungan dari budidaya udang galah. Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi serta berguna.

Butuh Waringikan? atau waring sayur? kami menyediakan keduanya, untuyk info pemesanan silahkan hubungi kami di 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com atau info harga silahkan klik DISINI 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s