Langkah Menanam Singkong Supaya Berbuah Banyak

singkong

Langkah menanam singkong yang benar supaya berbuah banyak – Singkong adalah satu diantara tanaman umbi-umbian yang sering kita temui di daerah pertanian. Tanaman singkong adalah bahan basic pembuat tepung, serta banyak juga dikonsumsi sebagai bahan makanan untuk beberpa kelompok orang-orang seperti tiwul, singkong rebus, tape singkong, gatot, getuk, serta ada banyak lagi. Tanaman singkong mungkin saja tak mempunyai harga yang tinggi seperti tanaman pertanian yang lain seperti jagung tetapi untuk beberapa petani, tanaman singkong masihlah jadi pilihan untuk dibudidayakan lantaran cost perwatan yang cukup murah di banding tanaman yang lain.

Sebagian kelebihan tanaman singkong di banding tanaman pertanian lain yaitu seperti berikut :
Ketahanan pada penyakit lebih kuat
Bisa bertahan hidup pada cuaca panas
Saat panen yang relatif lama hingga dapat jadikan untuk lumbung
Nyaris semuanya sisi dari singkong bisa dimanfaatkan
Singkong mempunyai 2 type pada umumnya yakni Singkong manis serta singkong pahit. Singkong manis bisa dikonsumsi atau di buat makanan, singkong pahit mesti hati-hati dalam mengolahnya. Bila tak tahu langkah memproses yang benar, singkong pahit bisa meracuni lantaran kandungan sianida pada singkong.

Budidaya singkong bisa dikerjakan dengan memakai biji serta stek, tetapi umumnya yang dikerjakan orang-orang yaitu memakai cara stek batang. Untuk menanam singkong dengan cara benar bisa dikerjakan dengan beberpa langkah tersebut.

Sediakan Lahan
Untuk membuahkan buah yang banyak serta memiliki ukuran besar, tanaman singkong mesti mempunyai ruangan untuk akar-akarnya tumbuh. Oleh karenanya dalam mempersiapkan tempat tanam mesti dikerjakan penggemburan. Penggemburran tempat tanam singkong bisa memakai cangkul (kemampuan tanam sedikit) atau memakai bajak/traktor (untuk kemampuan pertanian/industri). Tempat yang telah digemburkan bisa ditaburi pupuk kandang untuk memberi unsur hara tanah serta jadi nutrisi untuk tanaman untuk tumbuh subur. Berikan kapur bila tanah asam, lantaran singkong bakal tumbuh baik pada derajat keasaman tanah netral (pH : 5-8)

Sediakan Bibit
Dalam mempersiapkan bibit singkong, bisa dikerjakan dengan memotong batang singkong jadi sebagian potongan dengan ukuran panjang sekitaran 20cm. Batang singkong bisa dipotong lurus dapat juga dipotong miring.
bibit singkong
Batang singkong tang sudah dipotong-potong

Menanam Bibit
Bibit yang sudah dipotong bisa segera ditanam ke tempat pertanian, tanamlah bibit singkong dengan jarak 60 cm x 80cm (60cm jarak bibit dengan bibit yang lain : 80cm jarak antar lajur/kolom). dalam menanam bibit singkong yang perlu di perhatikan yaitu arah tunas, jangan pernah terbalik. Kita bisa lihat arah tunas di dekat buku-buku atau benjolan sisa daun singkong yang terlepas. Pada posisi tersebit bisa tampak anak tunas (kerap dimaksud mata). Yakinkan anak tunas menghadap ke atas, supaya tak tumbuh terbalik.

                                   *Baca Juga Waring Ikan Dan Waring Sayur

Waring 2

Perawatan Tanaman Singkong
Tanaman singkong mesti dirawat untuk peroleh ubi yang banyak serta berbobot, langkah lakukan perawatan tanaman singkong bisa dikerjakan dengan lakukan pemupukan pada 3minggu-4minggu pertama atau sesudah singkong telah keluarkan tunas dengan mempunyai daun sekitaran 5-7 helai. Kerjakan pemupukan dengan memakai pupuk kimia (Urue, TSP, KCl) dengan ukuran sesuai dengan panduan yang tercantum di karung pupuk.

Terkecuali lakukan pemupukan, kerjakan juga penyiangan atau bersihkan gulma serta rumput-rumput yang mengganggu. Kerjakan penyulaman pada bibit yg tidak tumbuh serta ambruk.
Pemupukan dapat juga dikerjakan pada bln. ke 5 dari penanaman supaya ubi bisa semakin besar waktu dipanen. Tetapi umumnya cuma memakai urea saja.

Pemanenan Singkong
Tanaman singkong biasanya bisa dipanen pada umur sekitaran 7-8 bln. dari penanaman. Tetapi bersamaan dengan menambahnya tehnologi yang bisa membuahkan varietas baru, ada singkong yang bisa dipanen pada bln. ke 5 dari penanaman. Tanda-tanda tanaman singkong siap dipanen yaitu daun-daun telah mulai sedikit lantaran rontok, ubi singkong telah besar (bisa diliat dengan menggali tanah di bagian ubi).

Kerjakan pemanenan lewat cara mencabut singkong dengan cara manual, tanah yang gembur tadi pastinya bakal begitu menolong kurangi ubi singkong ketinggalan waktu dicabut. Singkong bisa dipanen dengan cara serentak. Pisahkan ubi dari pohon lewat cara memotong dengan memakai parang/golok di bagian pangkal ubi (jangan pernah terserang ubinya).

Sesudah panen
Kumpulkan semuanya batang singkong yang tersisa untuk bersihkan tempat supaya bisa ditanami kembali. batang ubi bekas ini bisa jadikan bibit kembali untuk penanaman setelah itu atau bisa dibakar pada tempat pertanian/kebun itu untuk jadi pupuk.

Tersebut cara-cara lakukan penanaman singkong yang benar supaya membuahkan panen yang banyak, serta lakukan perawatan pada singkong. Penentuan bibit yang baik bakal begitu punya pengaruh pada hasil panen.

Nah, jika sudah pemanenan singkong bisa ditempatkan di karung atau juga bisa di waring agar singkong tetap terjaga dari hama, untuk Waring kami menyediakan Waring Sayur untuk sayur sayuran dan juga bisa untuk buah buahan, info lengkap hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com atau kunjungi link kami di www.Waring99.com 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s