Menanam serta Budidaya Waluh

manfaat-labu-lawuh-kuning-untuk-ibu-hamil

Waluh

waluh adalah tanaman buah yang hidup dari pohon yang merambat serta masihlah semacam dengan melon, semangka, serta blewah. Tanaman ini mempunyai batang besar yang menyebar, berbulu lunak sedikit kasar, berbatang agak keras serta mempunyai penampang batang yang membulat atau persegi lima. Waluh juga mempunyai daun besar berlekuk dangkal (terkadang ada bercak putih) dengan ukuran daun sekitaran 20 x 30 cm serta dapat meraih panjang 12-30 cm. Waluh juga mempunyai bunga yang ada dalam tunas yang memiliki mahkota berwarna kuning atau orange dengan panjang mahkota pada 10-12 cm. Untuk buahnya sendiri memiliki kulit keras denganwarnanya hijau sirna, kuning, atau oranye serta berdaging buah kuning keoranyean, memiliki tekstur halus, berserat-serat gelatin serta memiliki biji berlemak yang besar serta berwarna putih/coklat gelap. Waluh dapat hidup di iklim manapun dengan keadaan tanah yang beragam jenis dengan musim tanam ang terbaik yaitu waktu kemarau.

 *Baca Juga  Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa

Budidaya Tanaman
Cara pembibitan waluh yaitu dengan cara generatif dengan mengulur bijinya segera tanpa ada persemaian, dapat pula lewat cara di stek sebab pada batangnya dapat tumbuh akar. Waluh dapat ditanam di bedengan dengan jarak tanam 50 cm x 70 cm jika tak menyebar serta jarak tanam 100 cm x 125 cm jika di buat menyebar. Tempatkan 2-4 biji dalam tiap-tiap lubang tanam lalu tutup kembali dengan tanah. Kerjakan penentuan waktu umur tanam telah 2-3 minggu hingga per lubang cuma tinggal 1-2 tanaman saja. Rata-rata per hektarnya keperluan benih dapat meraih 3-5 kg. Berikanlah pupuk dengan dosis pupuk NPK sejumlah 600-800 kg/hektar dengan komposisi N : P : K = 5 : 10 : 10. Untuk pupuk basic dapat diberikan waktu pemrosesan tanah berbentuk pupuk kompos 3-4 minggu sebelumnya tanam.

Pemanenan
Panen pertama tanaman waluh dapat dikerjakan pada usia 7-8 minggu. Setelah itu dapat dipanen selalu tiap-tiap minggu. Rata-rata hasil panen per hektar tempat dapat meraih 7-12 ton. Waluh bisa bertahan di pohon hingga usia 3-4 bln.. Supaya hasil panen bisa bertahan lama, jemur waluh pada suhu cahaya matahari pada 30-38 derajat celcius sepanjang 2 minggu.

Kami CV LIM CORPORATION menyediakan waring sayur untuk membantu pemanen anda jika anda berminat hubungi kami di 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com atau www.waring99.com 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s