Budidaya Ikan Gurami

 

 

ikan-gurame-soang

Gurame adalah ikan air tawar yang bersisik dan mudah dibudidayakan. Ikan gurame memiliki potensi yang besar, karena ikan ini memiliki harga yang cukup tinggi dan senantiasa meningkat hingga saat ini.
Ikan gurame memang tidak sulit dalam membudidayakanya namu tidak sedkit juga pengusaha budidaya ikan ini yang kurang berhasil, karena mereka tidak memiliki kunci dalam pembudidayakan ikan gurame.
Kunci sukses dalam usaha budidaya lele yakni Setingan kolam, buat senyaman mungkin saja saja air kolam untuk sesuaikan, langkahnya :
1. Persiapan lahan
2. Pemupukan lahan
3. Persiapan awal tebar benih ikan gurame
4. Penebaran benih
Berikut Langkah Tepat Budidaya ikan gurame :
Dalam pembudidayaan ikan gurame tentu yang pertama harus kita lakukan yakni mempersiapkan kolam, dengan meyakinkan seberapa besar ukuran kolam dan berapakah tipe kolam yang dibutuhkan. Lebih dahulu kita harus tahu lebih dahulu settingan kolam seperti apa yang akan kita buat dan sebagian tipenya.

1. Kolam penyimpanan induk
Kolam ini bertindak untuk menyimpan induk dalam mempersiapkan kematangan telur dan memelihara kesehatan induk, kolam berupa kolam tanah yang luasnya sekitaran 10 mtr. persegi, kedalamam minimal 50 cm dan kepadatan kolam induk 20 ekor betina dan 10 ekor jantan.

2. Kolam Pemijahan
Kolam berupa kolam tanah yang luasnya 200/300 mtr. persegi dan kepadatan kolam induk 1 ekor memerlukan 2-10 mtr. persegi (tergantung dari sistem pemijahan). Tentang prasyarat kolam pemijahan yakni suhu air sekitaran pada 24-28 derajat C ; kedalaman air 75-100 cm ; basic kolam sebaiknya berpasir. Tempatkan tempat penempel telur berupa injuk atau ranting-ranting.

3. Kolam Pemeliharaan Benih/Kolam Pendederan
Luas kolam tidak kian lebih 50-100 meter persegi. Kedalaman air kolam pada 30-50 cm. Kepadatan sebaiknya 5-50 ekor/meter persegi. Lama pemeliharaan di dalam kolam pendederan/ipukan pada 3-4 minggu, saat benih ikan mempunyai ukuran 3-5 cm.

4. Kolam Pembesaran
Kolam pembesaran bermanfaat untuk tempat memelihara dan membesarkan benih selepas dari kolam pendederan. Adakalanya dalam pemeliharaan ini diperlukan beberapa kolam jaring 1, 25–1, 5 cm. Jumlah penebaran bibit sebaiknya tidak kian lebih 10 ekor/meter persegi.

5. Kolam/Tempat Pemberokan
Sebagai tempat pembersihan ikan terlebih dulu dipasarkan
Disini saya akan membahas tentang kolam pembesaran.

Penebaran Bibit Gurame
Terlebih dulu kerjakan penebaran pastinya anda harus memastikan bibit yang memiliki kualitas yang tinggi. Itu di sini sinyal tanda bibit gurame yang memiliki kualitas tinggi.
1. Keadaan sisik yang mengkilat
2. Selalu aktif berenang di air
3. Ukuran seragam
4. Bebas dari bermacam type penyakit, sampai dapat dipelihara dengan baik sesampainya di kolam pembiakan.
Setelah pemilihan benih selesai, dan terlebih dulu Penebaran benih ditangani lebih dahulu benih ikan dimasukkan dalam ember atau bak dan isi ember itu dengan air dari kolam yang akan di Tebari, diamkan selama sekitaran 20 menit sampai benih ikan perlahan-lahan dapat menyesuaikan dengan lingkungan air akan lantas jadi habitat di kolam. Setelah membiarkan selama sekitaran 20 menit perlahan benih ikan di tebarkan dalam kolam. dan umumnya menyebarkan benih berukan 5-7 cm.

budidaya-ikan-gurame-air-tawar-300x200                              *Baca Juga Pemanfaatan Waring Dalam Peternakan Ikan Lele
Pemeliharaan Pembesaran Ikan Gurame
Pemeliharaan pembesaran dapat ditangani lewat cara polikultur maupun monokultur:
1. Polikultur
Ikan gurame dipeliharan bersamaan ikan tawes, ikan mas, nilem, mujair atau lele. Cara barusan lebih untungkan karena perubahan ikan gurame yang cukup lambat.

2. Monokultur
Pada pemeliharaan gurame sendiri, bibit yang disebar minimal harus berumur 2 bln.. Penebaran bibit sebagian 500 ekor (ukuran 10-15 cm) diperlukan luas kolam sekitaran 1500 mtr. persegi
a. Pemupukan
Pemupukan dapat ditangani dengan bahan kimia dan pupuk kandang. Umumnya pemupukan hanya ditangani 1 kali dalam masing-masing pemeliharaan, dengan maksud untuk tingkatkan makanan alami untuk hewan peliharaan.

Langkah pertama pemupukan ditangani ketika kolam dikeringkan. Pada saat ini pupuk yang diperoleh yakni pupuk kandang beberapa 7, 5 kg untuk tiap-tiap 100 m2 kolam, air disisakan sedikit untuk sedikit sampai mencapai ketinggian 10 cm dan ditinggalkan selama 3 hari.

b. Pemberian Pakan
Gurame yakni spesies ikan pemakan tumbuhan (herbivora) . Walaupun itu waktu ukuran benih ikan Gurame Besar bersipat karnivora, dan oleh karena itu tipe pakan yang diperoleh saat ukuran benih ikan kecil berupa kutu air (Daphnia), cacing sutra. Ciri-ciri dari ikan gurame herbivora yang berjalan waktu dewasa. Makanan pokok dari ikan gurame berupa pelet yang dapat diatur gizi, tetapi di daerah yang sedikit sulit untuk peroleh pelet, daun alternatif yang demikian baik untuk ikan gurame makanan 2 kali sehari, pagi dan sore hanya cukup untuk pelet 30% kandungan protein pakan sedikit lebih baik untuk sedikit ikan gurame tidak diklasifikasikan sebagai ikan rakus.

Pemanenan Ikan Gurame
Umumnya pemanenan ditangani setelah ikan berumur 2-3 th., ikan yang berumur 2 th. mempunyai panjang sekitaran 25 cm dan berat 0, 3 kg/ekor, tengah untuk ikan yang berumur 3 th. panjangnya sekitaran 35 cm dan berat badan 0, 7 kg/ekor. Untuk ikan berumur 4 th. panjangnya dapat mencapai 40 cm dan berat 1. 5 kg/ekor. Tentang langkah penangkapan : air disurutkan sedikit untuk sedikit, penangkapan ditangani waktu pagi hari. Jauhi langkah penangkapan yang dapat menyebabkan ikan terluka.

Pembersihan
Setelah air kolam surut, benih digiring masuk ke petak kecil. Lantas diserok dan dimasukkan dalam keranjang panen. Biasanya waktu panen bukan hanya gurame saja yang tertangkap, sampai terlebih dulu ikan dimasukkan ke kolam pemberokan, harus diseleksi dan dibikin bersih lebih dahulu. Pembersihan benih ditangani sepanjang 1 hari. tujuannya agar ikan tidak mabuk ketika diangkut ke pasar. Lamanya pembersihan sesuai sama besarnya benih.

Banner Waring Sayur

 

Kami CV LIM CORPORATION menyediakan waring ikan warna hitam jika anda berminat silahkan hubungi Info update harga SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com  atau info lengkap di www.waring123.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s